Setiap taman bermain selalu menyediakan papan syarat dan ketentuan sebelum memasuki wahana. Hal yang sama berlaku dengan aplikasi game yang tersimpan di gawai Anda.

Setiap aplikasi game juga memiliki Term and Condition (T&C) agreement. Tidak seperti wahana bermain dan peralatan elektronik dengan buku manualnya, game memberikan Term and Condition dalam aplikasinya. Baik pada awal mula mengunduh hingga tiap kali buffer sebelum memasuki portal game.

Term and Condition adalah kontrak antara penjual produk dengan konsumen. Berarti, game developer membuat kontrak yang dengan menyetujui kontrak tersebut, Anda setuju dengan “cara bermain” dan batasan kuasa, kewajiban, dan hak game developer dengan Anda.

Kenapa perlu membuat Term and Condition?

Term and Condition memang merupakan hal dasar dalam setiap perangkat aplikasi. Namun, banyak orang yang menyepelekan perjanjian ini. Biasanya pengguna jarang membaca karena panjangnya peraturan. Tulisan yang kecil nan padat tentu memusingkan, bukan?

Ada beberapa alasan pentingnya term and condition yang disediakan game developer secara umum:

  • Pengguna mengetahui apa hak dan kewajibannya;
  • Bila aplikasi memiliki menu transaksi, pengguna memahami tata cara pembayaran;
  • Ada keunikan dan perbedaan bentuk layanan yang dapat diketahui oleh pengguna;
  • Pengguna tidak bisa menuntut hal yang sudah diingatkan dalam T&C;
  • Pengguna mengetahui standar operasi aplikasi: regulasi, privasi, data yang dibaca oleh aplikasi, dan sebagainya.
Kenapa game developer perlu membuat T&C?
  • Agar pengguna memahami penggunaan game;
  • Game developer sudah mengingatkan hal yang harus diperhatikan (trigger warning, graphic, restriction);
  • Batas umur sesuai dengan jenis game;
  • Sistem pembayaran game.

Selain itu, dengan sistem perjanjian ini, Anda sudah memberi pengguna hak untuk mengetahui peraturan aplikasi Anda. User memiliki kebebasan untuk melanjutkan atau berhenti memainkan aplikasi Anda. Anda pun terhindar dari tuntutan pelanggan yang sebenarnya sudah tertera dalam Term and Condition agreement.

Baca juga: Get Ready, Game Developer! Build Your Own Company Here

Bagaimana cara membuat T&C?

Ada beberapa landasan hukum dan peraturan terkait konten game, penggunaan elektronik, dan layanan multimedia menggunakan data internet (over the top) yang dapat Anda jadikan acuan T&C. Selebihnya, Anda dapat membuat ketentuan sesuai dengan batasan-batasan yang sudah ditentukan dalam peraturan tersebut.

Berikut beberapa landasan hukum yang dapat Anda gunakan sebagai landasan T&C aplikasi game Anda:

  1. PP nomor 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik
  2. Permenkominfo nomor 11 tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik
  3. Permenkominfo nomor 19 tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif
  4. SE Menkominfo nomor 3 tahun 2016 tentang Penyediaan Layanan Aplikasi dan/atau Konten Melalui Internet (over the top)

Setelah mengetahui ketentuan dasar apa saja yang akan mengikat game Anda secara hukum, maka Anda dapat menyesuaikan kontrak T&C sesuai jenis, klasifikasi, dan konten game yang Anda buat.

Anda juga bisa terus memperbarui kontrak sesuai dengan perkembangan aplikasi game Anda, bagaimana respon pengguna ketika memainkan game, dan bila ada perubahan pada basis hukum yang berlaku.Itu penjelasan dan tips untuk Anda yang ingin meluncurkan aplikasi game Anda. Jangan lupa untuk tetap “bermain cantik” dan aman di mata hukum. Having fun, LexPartners!