Untuk memulai sebuah bisnis, PT (Perseroan Terbatas) adalah jenis tipe perusahaan yang paling tepat, Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum terjun dalam berbisnis dan mengapa sebuah PT. adalah langkah yang paling aman:

1. Bebas Dalam Melakukan Aktivitas Bisnis

Betul, tidak semua bidang dapat kamu tekuni sekalipun itu passion-mu jika perusahaanmu tidak berbentuk PT. (Perseroan Terbatas). Berikut jenis kegiatan usaha yang harus berbentuk badan hukum seperti PT:

  • Bidang usaha sektor Perhubungan, termasuk usaha Jasa Pengurusan Transportasi (Forwarding) dan usaha Salvage
  • Bidang usaha Pariwisata, seperti usaha biro perjalanan wisata dan usaha konsultan pariwisata
  • Usaha jasa Konstruksi dengan kualifikasi besar
  • Jenis usaha lain yang diatur oleh Undang-Undang atau Peraturan yang berlaku

2. Pemisahan Harta Pribadi dengan Harta Perusahaan

Keuntungan mendirikan PT yang utama dibandingkan badan hukum lain adalah, kamu tidak memerlukan pertanggungjawaban sampai harga pribadi pemilik jika perusahaan mengalami kerugian. Jika perusahan mengalami kerugian, maka kewajibanmu hanya terbatas sejumlah modal yang disetorkan. Harta pribadi masing-masing pemegang saham tidak tersentuh oleh kerugian perusahaan. Berbeda halnya dengan Firma atau CV yang memerlukan pertanggungjawaban sampai harga pribadi pemilik jika perusahaan mengalami kerugian.

3. Dapat Bersekutu dengan Pihak Asing

Perusahaan dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) dapat merencanakan mendirikan sebuah perusahaan dalam rangka penanaman modal asing (PMA). Dimana usaha dapat bersekutu antara pemilik modal Indonesia dengan pemilik modal asing.

Hal ini dapat langsung dilakukan jika salah satu atau lebih pemilik modal asing menjadi pemegang saham perusahaan PT. Setiap perusahaan yang didirikan dalam bentuk Penanaman Modal Asing (PMA) harus berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

4. Dilindungi Oleh Undang-undang

Dengan adanya beberapa bidang usaha yang diwajibkan untuk menggunakan PT sebagaimana diatur dalam undang-undang, perusahaan dalam bentuk PT telah mendapatkan kepastian hukum dalam berbisnis.

Sama halnya dengan pemakaian nama PT, apabila badan usaha lainnya dapat menggunakan nama sesuai keinginan mereka. Pemilihan nama PT harus disetujui dulu oleh Kemenkumham dan jika disetujui, nama PT yang Anda dirikan tidak dapat lagi digunakan untuk berdagang oleh pihak lain.

Lexar.id sebagai pioneer jasa pembuatan PT berbasis online pertama di Indonesia bersikeras mendukung kemajuan Indonesia dalam berbisnis. Dengan menyediakan jasa pembuatan PT. yang lebih cepat dan efisien sehingga memudahkan segala urusan perusahaan impianmu!

Lexar.id ingin membantu calon wirausahawan untuk memulai bisnis dengan baik dan benar. Karena semua proses pembuatan PT oleh Lexar dapat dilakukan berbasis online, maka kamu tidak perlu menunggu lama, hanya butuh 14 hari! Yuk, jangan takut berbisnis lagi!