Setelah sebelumnya kamu sudah mengetahui apa itu merek dan apa benefitnya untuk perusahaanmu, selanjutnya LEXAR akan memberikan sedikit tips mengenai tata cara & prosedur pendaftaran Merek dagangmu!

Pertama tama yang harus dilakukan agar merek perusahaanmu terlindungi yaitu:

1. Penelusuran Merek

Menelusuri sebuah merek dagang adalah hal yang harus kamu lakukan pertama kali sebagai pebisnis, sebelum melakukan pendaftaran merek dagang. Hal ini sangat penting untuk menghindari merek perusahaanmu dari penolakan pihak terkait ketika hendak mendaftarkan merek dagang milik Anda. Kunjungi website www.dgip.go.id. Untuk menelusuri lebih lanjut.

2. Persyaratan Pengajuan Permohonan

Setelah kamu memastikan bahwa merek perusahaanmu aman untuk didaftarkan, selanjutnya persiapkan persyaratan untuk mendaftarkan merek dagangmu berupa :

  • Pemohon (perusahaan atau Perorangan) mengisi form yang diberikan oleh LEXAR seperti Nama, alamat dan kewarganegaraan.
  • Surat Pernyataan kepemilikan dari pemohon
  • Surat Kuasa yang akan disiapkan oleh LEXAR
  • Fotokopi KTP pemohon
  • Fotokopi NPWP

3.Pemeriksaan Formalitas dan Pemeriksaan Substantif

Pemeriksaan Formalitas tahap pertama adalah akan diverifikasi kembali seluruh kelengkapan persyaratan registrasi merek yang akan kamu daftarkan, Pastikan kamu sudah melengkapi seluruh persyaratannya

4.Pengajuan Keberatan

Setelah disetujui, 10 hari setelahnya Dirjen HKI akan mengumumkan permohonan tersebut dalam sebuah berita resmi merek. Pengumuman akan berlangsung selama tiga bulan. Pastikan Anda selalu mengecek secara berkala mengenai hal ini. Apabila pihak pemohon merasa keberatan, pemohon dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada Dirjen HKI paling lama dua bulan sejak tanggal penerimaan salinan keberatan.

5.Pemeriksaan Kembali

Apabila dikemudian hari pendaftaran merek yang diajukan mendapati adanya pengajuan nota keberatan dari pihak lain, maka Dirjen HKI akan menggunakan keberatan tersebut sebagai pertimbangan untuk kembali mengadakan pemeriksaan terhadap pemohon. Jika tidak ada masalah dalam tiap prosesnya, Dirjen HKI akan menerbitkan dan memberikan Sertifikat merek kepada pemohon atau kuasanya dalam.

Demikian beberapa langkah yang harus kamu tempuh saat hendak mendaftarkan merek dagang sendiri. Sepertinya tampak rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama, namun tentunya LEXAR siap membantu! saat kamu akan memulai menjalankan bisnis, setiap orang pasti menginginkan bisnis yang dapat berjalan untuk jangka waktu yang panjang, bukan? Oleh sebab itu, perencanaan awal dalam berbisnis, yang salah satunya ialah pendaftaran merek ini menjadi hal yang sangat penting untuk kelangsungan bisnismu, selamat berbisnis!